CARA MEMANTAPKAN HATI UNTUK BERHIJAB (ISTIQOMAH)

keep-calm-and-love-your-hijab-28

Saat kita bicara soal hijab nih, otomatis kita bicara tentang pakaian takwa. Tapi tidak semua orang mampu istiqomah dengan pakaian takwa ini, sehingga banyak yang bertanya “Bagaimana Cara agar Istiqomah Berhijab?”

Sebelum kita membahas bagaimana cara agar istiqomah berhijab, perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa Hijab bukanlah hanya sekedar hiasan akan tetapi menjadi gaun kehormatan untuk para Muslimah. Hijab merupakan suatu bentuk betapa islam sangat menjaga dan memuliakan wanita. subhanallah, indah banget yah islam ?
Kita terkadang sering mengucapkan kata hijab, tapi tahukah kita arti hijab itu ?
Hijab terdiri dari dua bagian yaitu jilbab(gamis) dan khimar(kerudung) . Dalam kitab Al-Mu’jam Al-Wasith jilbab diartikan sebagai ” Ats tsabaul musytamil’alal jasadi kullihi”. (pakaian yang menutupi seluruh tubuh) atau “Al mula’ah tasytamilu biha al mar’ah.”(pakaian luar yang digunakan umtuk menutupi seluruh tubuh wanita).

“Kenapa kita harus berhijab ?”
Karena Allah yang nyuruh 🙂
Mau bukti?
Allah SWT berfirman : “Hai Nabi katakanlah kpd isteri2mu,anak2 perempuanmu & isteri2 org mu’min:”Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”.Yg demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karna itu mereka tidak diganggu. Dan Allah  Maha pengampun lagi Maha penyayang.(QS.Al-Ahzab:59)

Allah SWT berfirman :“Katakanlah kepada wanita yg beriman: ”Hendaklah mereka menahan pandangannya, & kemaluannya, & janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yg (biasa) nampak daripadanya. Dan HENDAKLAH MEREKA MENUTUPKAN KAIN KERUDUNG KEPARAS DADANYA, & janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera2 mereka, atau putera2 suami mereka, atau saudara2 laki2 mereka, atau putera2 saudara lelaki mereka, atau putera2 saudara perempuan mereka, atau wanita2 islam, atau budak2 yg mereka miliki, atau pelayan2 laki2 yg tdk mempunyai keinginan (thd wanita) atau anak2 yg blm mengerti ttg aurat wanita. Dan janganlah mereka memukul kan kakinya agar diketahui perhiasan yg mrk sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kpd Allah, hai org2 yg beriman supaya kamu beruntung. ”(QS.An Nur:31)

“Berhijab itu susah gak sih ?”
Gampang koq, gampang banget !!Tinggal beli hijabnya ditoko atau dipasar atau DISINI terus pakai deh, 🙂
Tapi yang susahnya itu istiqomahnya loh…
Terkadang pada awal ketika kita ingin berproses mengenakan hijab syetan tidak akan duduk manis diam saja. Dia pasti akan terus menggoda kita untuk menanggalkan Hijab yang kita kenakan, karena memang sudah janjinya akan terus berusaha menyesatkan anak dan cucu adam.

“Lalu bagaimana cara agar kita tetap isitiqomah ?” 
berikut adalah tips-tips agar tetap istiqomah :

  1. Mengingat mati,
    Renungkan ukhti.. apakah tunggu kain kafan yang akan menjadi hijabmu yang pertama dan terakhir ?
  2. Cobalah menghitung nikmat Allah !
    Saya jamin gak akan  sanggup deh, sekalipun pakai alat tercanggih didunia.
    Nah… dari situ aja harusnya kita sudah bisa berfikir begitu banyak Allah memberikan kita nikmat dan memberikan yang kita minta, tapi ketika Allah meminta kita untuk berhijab masa kita gak mau taat sih ?
  3. Mengingat keutamaan hijab,
    sudah jelas banget yah ukhti dengan berhijab kita mudah dikenali dan tidak diganggu
    jadi tunggu apalagi ?
    yuk… istiqomah berhijab !
  4. Berkumpul dan bergaul dengan orang-orang shalih,
    karena sesuai sabda Rasulullah SAW, ” orang itu tergantung agama kawannya, maka hendaknya berhati-hati dalam memilih teman” (HR.Ahmad)

“Dimana kita dapat menemukan kawan yang shalih?”
Banyak kok ukhti.. ketika disekolah-sekolah sekarang ini sudah banyak eskul Rohis (Kerohanian Islam), dilingkungan sekitar juga sudah ada yang namanya RISMA(Remaja Islam Masjid) dan banyak pula Komunitas-Komunitas Hijabers.

“Jangan sampe menanggalkan hijab ya ukhti…”

Yuk… ukhti mari kita berkumpul dengan sahabat-sahabat yang insya Allah belajar istiqomah, menguatkan keimanan kita dan mari katakan ”selamat tinggal “ untuk segala keburukan dan kesia-siaan. Dan mari katakan “tidak” untuk terlena dengan fatamorgana dunia yang mengikuti mode-mode wanita barat dan mari katakan “tidak” untuk mengumbar aurat dan segala perbuatan yang dapat menjerumuskan pada jurang kehancuran.
semoga kita bisa senantiasa isitiqomah dan menjadi perempuan sejati yang kehadirannya membawa keindahan serta sejuta kemanfaatan dengan kegiatan positive saling mengikat tali silaturrahmi yg baik kepada sesama…

Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat shabia dan semua sahabat diluar sana. Amin… 🙂

Shabia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *